Kamis, 11 Oktober 2012

Terapi warna untuk kesehatan

Menurut beberapa pakar kesehatan (Ahmad Salim Badawilan, 2010: 233), ternyata warna mempunyai pengaruh terhadap kesehatan. pada penyakit-penyakit tertentu termasuk stres, warna diyakini berpengaruh secara psikologis menyembuhkan penyakit seseorang. itulah sebabnya pewarnaan dinding ruang makan haruslah berbeda dengan ruang  kerja misalnya. oleh karena itu perlu diperhatikan perpaduan warna yang tepat.

1. Warna merah muda berpengaruh menurunkan tekanan darah tinggi dan jantung yang berdebar. 

2. warna biru. warna ini juga mempunyai manfaat yang sama yaitu menurunkan tekanan darah tinggi dan menstabilkan jantung. warna ini adalah warna penenang yang dapat menghilangkan hati yang berdebar-debar serta menghilangkan peradangan. warna biru juga dapat mengobati insomnia atau sulit tidur. para pakar dari perguruan tinggi di Texas menyatakan bahwa selalu melihat warna biru yang cemerlang bisa mengendorkan susunan saraf mata dan menjadikan orang bebas gerak.

3. warna merah. warna merah merangsang energi dan vitalitas, mempertajam penglihatan, pendengaran, perasaan dan membantu bertahan hidup. warna merah juga merangsang sirkulasi darah dan produksi adrenalin. warna merah juga dapat menghangatkan tubuh. namun warna merah harus dikurangi terhadap orang-orang yang emosional atau yang terlalu aktif sebab bisa menjadi over aktif. eksperimen dengan tumbuhan yang ditutupi gelas warna merah akan lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan yang tidak ditutupi dengan warna merah yakni yang mendapat sinar matahari biasa. oleh karena itu warna merah seringkali disebut warna pemberi hidup.

4. warna kuning. warna kuning merupakan pusat untuk sistem seluruh saraf sehingga dapat menyegarkan saraf yang lemah, dapat mengontrol proses pencernaan, sembelit dan liver. itulah sebabnya warna kuning dapat meredakan perasaan depresi atau stres. selain itu warna kuning juga merangsang selera makan seseorang dan dapat melancarkan peredaran darah. warna kuning juga dapat merangsang penglihatan dan pendengaran. ia dikenal sebagai pendorong kecerdasan serta kemampuan mengemukakan alasan dan mempunyai daya untuk membuat orang dapat mengontrol diri sendiri. selain itu warna kuning dapat menstimulasi keharmonisan dalam hidup, disamping menjaga keseimbangan dan optimisme.

5. warna hijau. warna hijau dapat menenangkan susunan saraf. orang-orang yang sering merasa tegang dapat dibantu dengan warna hijau. warna hijau dari dedaunan yang mengandung klorophil. hijau daun mempunyai unsur pembersih tubuh, melancarkan darah yang cenderung membeku serta merangsang kelenjar hormon agar dapat mengendalikan kelenjar-kelenjar yang lain.

6. warna hitam. warna hitam menunjukkan kesan adanya kedukaan dan kesedihan. warna ini seringkali digunakan untuk menekan nafsu makan. bagi mereka yang berencana menurunkan berat badan dapat mencoba menggunakan kain alas meja berwarna hitam.

untuk menciptakan suasana rileks, tenang dan santai yang dapat membantu meningkatkan kesehatan anda, maka plihlah perpaduan warna yang sesuai bagi anda.
Sumber
Ahmad, Salim Badawilan. 2010. Membangkitkan Energi Diri (Self Power). Yogyakarta: gara ilmu  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar