Rabu, 26 September 2012

Kepribadian berdasarkan Gerakan Tubuh

Kepribadian Seseorang Berdasarkan Gerakan Tubuh
Banyak Interaksi dan komunikasi yang terjadi dalam masyarakat yang berwujud nonverbal. komunikasi nonverbal adalah menyampaikan arti atau pesan yang meliputi ketidakhadiran simbol-simbol atau perwujudan suara. slah satu komunikasi non verbal adalah gerakan tubuh atau perilaku kinestetik yang mana kelompok ini meliputi isyarat dan gerakan serta mimik.
Salah satu manfaat dari mempelajari bahasa tubuh adalah meningkatkan kesadaran kita terhadap orang lain. Keadaan itu membuat perjumpaan kita dengan orang lain menjadi lebih menarik dan lebih memberikan hasil.
Adapun bahasa tubuh yang dimaksud adalah:
1. telapak tangan dimasukkan dalam saku celana. ini menandakan lawan bicara kita sedang berusaha membujuk. kebanya dari mereka terbiasa berbohong untuk mendapatkan keinginannya.
2. telapak tangan menghadap ke atas menandakan lawan bicara kita berkata jujur dari lubuk hatinya yang paling dalam. ia memiliki kepribadian terbuka tanpa menutup-nuputi, percaya diri, adaptif dan berperangai baik.
3. telapak tangan menghadap ke bawah menandakan bahwa ia dengan berbohong dan bersifat otoriter.
4. kedua lengan dilipat di atas dada menggambarkan usaha orang yang sedang menahan diri dan tidak mudah percaya pada orang lain.
5. tangan kanan diletakkan di atas perut sedang tangan kiri diletakkan dibagian wjah atau leher mencerminkan pada kepribadian yang tertutup dan cenderung suka menyendiri yang jauh dari keramaian.
6. kedua tangan berkacak pinggang mencerminkan watak keras, emosional dan sulit menerima saran dan pendapat orang lain. gerakan ini juga menunjukkan ambisi seseorang untuk mengalahkan orang lain.
7. menutup mulut dengan tangan. Gerakan ini mencerminkan adanya kebohongan atau ketidakpuasan pada perkataan sendiri. gerakan menutup mulut berarti ia sedang berbohong dan mencoba untuk menutupinya.
8. Mengusap dagu. Gerakan mengusap dagu dilakukan karena lawan bicara kita tidak tertarik pada topik yang kita bicarakan, cara mengatasinya alihkan topik pembicaraan.
9. Gerakan menopang dagu. gerakan menopang dagu dengan mengepalkan tangan dapat diartikan bahwa lawan bicara sedang memperhatikan kita. adapun gerakan menopang dagu dengan kepalan ringan dapat diartikan dia sedang mempertimbangkan sesuatu. sementara, gerakan menopang dagu dengan sorot mata yang tidak berbinar, alis terangkat dan mulut terkatup maka gerakan ini menandakan bahwa orang tersebut sedang tidak tertarik dengan topik yang kita bicarakan. untuk mengatasinya ganti dengan topik pembicaraan yang lain.
10. Steepling. steepling adalah gerakan menyatukan ujung-ujung jari kanan dan kiri sehingga terbentuk seperti menara. gerakan ini menandakan bahwa lawan bicara mempunyai sifat bertahan. apabila gerakan ini digunakan saat berdebat dalam suatu hal maka akan menandakan bahwa anda atau lawan bicara anda mempunyai alasan yang kuat untuk mempertahankan perdebatan.
11. mengacungkan jempol. orang yang sering mengacungkan jempol cenderung memiliki watak ingin menang sendiri, agresif superior, dominan dan memiliki watak yang kuat. umumnya orang seperti ini tidak mau mengalah, mau menang sendiri dan mementingkan keuntungan pribadi.
12. makna gerakan tangan tanpa sadar. (a) menjalin jari-jari tangan menandakan bahwa orang itu sedang mempertimbangkan suatu keputusan. gerakan ini biasanya diikuti dengan ekspresi wajah yang khas. (b) menggosok telapak tangan dapat berarti bahwa orang tersebut sedang menanti suatu hal yang telah ditunggunya untuk segera terwujud. terkadang kita temui gerakan ini saat mengantri tiket atau tengah menanti dipenuhinya suatu janji. hal ini terjadi secara refleks dan tidak disadari oleh kita. (c) menggosok jempol tangan ke jari-jari telunjuk, hal ini menunjukkan bahwa orang ini ingin memutuskan untuk menerima penawaran tetapi karena keterbatasan dia tidak bisa memutuskan menrima tawaran itu.
13. merenggangkan kedua telapak kaki ketika berdiri. menunjukkan bahwa orang tersebut tidak memiliki perasaan takut dalam mengemban tanggungjawab, mampu mengambil keputusan dan membuka diri atas pendapat serta pikiran orang lain.
14. kepala menggeleng menandakan bahwa orang tersebut menolak dengan apa yang kita tawarkan.
15. Kepala mengangguk menandakan orang tersebut stuju dengan apa yang kita tawarkan. sementara kepala agak terangkat menunjukkan posisinya yang netral. sedang kepala yang sedikit terangkat dan agak dimiringkan ke satu sisi berarti dia sedang memperhatikan kita. adapun kepala yang agak menunduk sambil memperhatika kita berarti dia sedang berpikir negatif kapada orang yang dipandangnya.
16. memandang ke bawah sambil memainkan jari-jari mencerminkan perasaan cemas, gelisah, kurang percaya diri dan berusaha menghindar dari pertemuan dengan orang  lain.
17. meletakkan jari-jari di dekat mata menandakan rasa waspada terhadap orang laindan tidak rela terhada ucapan mereka.
18. memainkan daun telinga bagiab bawah di tengah-tengah mendengarkan pembicaraan menandakan orang tersebut tidak begitu peduli terhadap pembicaraan yang sedang diperbincangkan oleh temannya atau orang lain.
Diambil Dari:
Ahmad, Salim Fathani. 2010. Membangkitkan Energi Diri (Self Power). Yogyakarta: Gara Ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar